Pemerintah Daerah Akan Libatkan Corporate Hidupkan Sudut Kota Hingga Desa Di Kabupaten Belitung

0
441

Tanjungpandan- Semangat untuk menata setiap sudut Kota Tanjungpandan yang merupakan Ibu Kota dari Kabupaten Belitung agar terlihat rapi, bersih dan  cantik  terus dilaksanakan oleh Pemerintah Kabupaten Belitung, sakah satunya dengan melaksanakan pembangunan Letter Sign Titik Nol KM Belitung (Zero Point) disalah satu sudut kota yang masih akan ditentukan. Hal tersebut diungkap oleh Wakil Bupati Belitung, Isyak Meirobie, S.Sn.,M.Si. dalam Rapat Pembahasan  bersama Perangkat Daerah serta PT. Telkomsel Cabang Belitung, bertempat di Ruang Rapat Bupati Belitung, pada Rabu, (19/2/2020).

Menurut Wabup pola kerjasama melalui pembangunan Letter Sign Titik Nol KM Belitung (Zero Point) akan dilaksanakan bersama PT. Telkomsel menggunakan dana dari PT. Telkomsel. “Melalui pola kerjasama ini diharapkan kita melakukan  pembenahan terhadap sudut-sudut kota Tanjungpandan hingga ke Desa, dengan tidak menyedot dana APBD tetapi mengajak BUMN, Koorporat untuk berkolaborasi melakukan pembenahan”, jelas Wabup.

Selain menghidupkan sudut-sudut yang dianggap kurang rapi,  Wabup juga ingin agar pembangunan tersebut memberikan dampak positif bagi masyarakat khususnya pelaku usaha kecil hingga menjadi daya tarik untuk branding Pariwisata Belitung. “Kita berharap dengan adanya pembangunan  Letter Sign Titik Nol KM Belitung (Zero Point)  Usaha Mikro Kecil dan Menengah disekitar daerah branding menjadi lebih hidup, kota lebih menarik dan bersih, serta kita memiliki spot foto untuk menarik kunjungan wisatawan lebih banyak lagi”, ujar  Wabup.

Dijelaskan lebih jauh oleh Wabup mengapa Pemerintah Daerah mendorong pola kerjasama ini, karena ketersediaan dana untuk mengkreasikan dan kecepatan untuk branding Belitung. “Karena kita sadar ketersediaan dana untuk mengkreasikan hal ini belum ada dan memerlukan jalur birokratis hanya panjang. Sedangkan dengan PT. Telkomsel kita hanya perlu melakukan Perjanjian Kerjasama yang sebelumnya diawali dengan penandatangan MoU antara Pemerintah Kabupaten  Belitung dengan PT. Telkomsel pada tahun 2019 di Pantai Tanjung Pendam”, tambah Wabup.

Apabila pola kerjasama bersama PT. Telkomsel ini berhasil, rencananya pembangunan pada sudut kota selanjutnya akan juga diikuti oleh perusahaan lainnya seperti CV. Sumber Jadi untuk menutupi bahu Sungai Siburik agar lebih bersih dari sampah dan tertata indah. Dalam rapat ini, belum diputuskan tempat yang menjadi titik nol KM Belitung, sebab dari hasil lapangan yang dilaksanakan oleh Perangkat Daerah terkait ada 3(tiga) lokasi yang menjadi titik nol KM tersebut antara lain Puncak, Barata dan di Pantai Tanjung pendam. Sehingga akan dilaksanakan rapat lanjutan untuk membahas lokasi pastinya dengan melibatkan tokoh masyarakat serta sejarahwan Belitung.

Dalam rapat yang dihadiri oleh pihak PT.Telkomsel cabang Tanjungpandan serta Perangkat Daerah terkait, selain membahas lokasi pembangunan Letter Sign Titik Nol KM Belitung (Zero Point) juga membahas intensif pajak reklame hingga draf perjanjian kerjasama terkait pembangunan tersebut.( FW)