Hari Pertama Kerja Pasca Libur Lebaran, Bupati Tinjau Pelayanan Puskesmas

0
419

Belitung__Bupati Belitung, H. Sahani Saleh, S.Sos melakukan inspeksi mendadak (sidak) sekaligus silaturahmi guna melihat kesiapan pelayanan kesehatan pasca cuti lebaran di beberapa Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) pada Selasa, (26/5/2020). Adapun puskesmas yang dikunjungi diantaranya, Puskesmas Rahat Tanjungpandan, Puskesmas Desa Air Saga, Puskesmas Desa Perawas dan Puskesmas Desa Selumar, Kecamatan Sijuk.

Dalam kesempatan ini, Bupati memastikan, layanan kesehatan kepada masyarakat seperti Puskesmas tetap siaga melayani masyarakat setelah libur lebaran Hari Raya Idul Fitri. “Sidak ini dilakukan guna memastikan semua pelayanan di Puskesmas yang ada di Kabupaten Belitung tetap siaga. Karena pelayanan harus tetap maksimal seperti biasa,” jelas Sahani.

Bupati juga menegaskan, sudah menjadi proses dan kewajiban Pemerintah Daerah, dalam hal ini khususnya tenaga medis untuk tetap melayani, karena pasien yang masuk tidak mengenal lebaran dan libur.  Oleh karenanya, semua pegawai tetap siap  dan sigap untuk  melayani pasien. “Saya ucapkan terima kasih kepada tenaga medis yang terus siaga menjadi garda terdepan dalam memberikan pelayanan kesehatan kepada masyarakat, apalagi ditengah pandemi Covid-19, tentunya dibutuhkan tenaga ekstra. Untuk tim kesehatan terus semangat dan jaga kesehatan dengan mengacu pada protokol kesehatan”, pungkasnya.

Lebih lanjut, kata Sahani, terkait langkah pencegahan dan penanggulangan Covid-19, beberapa puskesmas yang dikunjungi sudah memenuhi standar protokol kesehatan yang ditetapkan, yang mana pada bagian depan sudah dilengkapi dengan alat screening suhu tubuh dan sarana cuci tangan. Begitu pula dengan himbauan untuk menggunakan masker dan jaga jarak juga sudah disosialisasikan kepada pasien.

Sahani juga berpesan agar masyarakat tidak cepat mengambil kesimpulan terjangkit corona jika mendapati kondisi kurang fit, observasi dulu secara teliti, jangan mudah mengambil asumsi, yang ujung-ujungnya membuat panik dan takut. “Pastikan terlebih dahulu, periksakan diri ke puskesmas atau tenaga kesehatan. Mari kita sama-sama menjaga”, ujarnya.

Turut hadir mendampingi Bupati, Sekda Kabupaten Belitung, H.MZ. Hendra Caya, SE, M.Si, Para Asisten di lingkungan Setda Kabupaten Belitung, perwakilan OPD terkait di lingkungan Pemkab Belitung, dan undangan lainnya.