Hari ini, Dubes Polandia Melihat Potensi Sektor Unggulan Kabupaten Belitung

0
420

Tanjungpandan- Dalam rangkaian kunjungan resmi ke Pulau Belitung bersama Duta Besar Hungaria,   Duta Besar Polandia, H.E.Ms. Beata Stoczynska  bersama delegasi dan rombongan dari Kementerian Luar Negeri RI, melihat secara langsung potensi perikanan dan geliat perekonomian masyarakat, yang ada di Pasar Ikan Tanjungpandan Kabupaten Belitung, pada hari Sabtu, (2/11/2019).

Didampingi Kabag Humas dan Protokol Setda, Dr. Zakina, S.Sos., M.Si. dan Plt. Karo Perekonomian Propinsi Bangka Belitung, Ahmad Yani dan jajaran, Dubes Polandia berjalan menelusuri berbagai jenis ikan yang dijual oleh para pedagang di Pasar Ikan yang terletak di Pusat Kota Tanjungpandan, seperti jenis ikan Ketarap yang menjadi andalan kuliner Pulau Belitung “Gangan”.

Saat diwawancarai, Kabag Humas dan Protokol Setda, Dr. Zakina, S.Sos., M.Si. selaku Juru Bicara Pemerintah Kabupaten Belitung, menyampaikan bahwa Dubes Polandia sangat senang bisa melihat potensi perikanan yang ada di Pasar Ikan Tanjungpandan dan menanyakan, bagaimana kualitas ikan dan ke negara mana saja ikan Belitung diekspor.

Dijelaskan oleh Zakina bahwa ke depan, dirinya (Dubes Polandia) berkeinginan untuk menjajaki kemungkinan ekspor ikan segar ke Kawasan Visegard (Hungaria, Polandia, Ceko Slovakia dan Czechia atau V4). “Dan pastinya Polandia juga menawarkan kerjasama di bidang pendidikan dan pelatihan bagi mahasiswa dan pelajar di Belitung”, tambahnya.

Dalam kunjungan hari ini, Juru Bicara Pemerintah Kabupaten Belitung, Dr. Zakina, S.Sos., M.Si. juga menjelaskan alasan mengapa Pasar Ikan menjadi tujuan kunjungan dari Dubes Polandia.  “Mengapa di Pasar Ikan, karena sektor unggulan Pemerintah Kabupaten Belitung saat ini salah satunya adalah Sektor Perikanan dan Kelautan, dan ternyata Dubes Polandia tertarik pada potensi perikanan kita, seperti pada olahan ikan asin sebab di Polandia hanya ada frozen fish”, ujar Zakina.

Selain menuju ke Pasar Ikan Tanjungpandan, Dubes Polandia juga mengunjungi kios-kios buah di Pasar tersebut dan Kelenteng Hok Tek Che yang berada tidak jauh dari Pasar.

Sebelumnya, Dubes Polandia, H.E.Ms. Beata Stoczynska dan Duta Besar Hungaria untuk Indonesia H.E.Ms Judith Pach bersama delegasi dan rombongan dari Kementerian Luar Negeri RI, yang tiba di Kabupaten Belitung pada Kamis (31/10/19) telah melakukan serangkaian kunjungan resmi ke Pulau Belitung dengan tujuan untuk memperluas kerjasama terkait investasi. Adapun rangkaian kegiatan antara lain kunjungan ke Pasar Ikan pada hari ini,  paparan mengenai potensi dan peluang investasi dan kunjungan kelokasi KEK Tanjung Kelayang pada (1/11/19), hingga menuju ke Kabupaten Belitung Timur. (FW)