Bupati Belitung Luncurkan Aplikasi SiBansos

0
318

Bupati Belitung, H. Sahani Saleh,S.Sos didampingi Sekretaris Daerah Kabupaten Belitung,H. MZ, Hendra Caya,SE.,M.Si, luncurkan aplikasi SiBansos, Kamis (14/05) bertempat di Ruang Rapat Bupati Belitung. Aplikasi SiBansos merupakan hasil inovasi dari Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Belitung dalam upaya mempermudah serta pengakuratan data  calon penerima bantuan sosial terdampak Covid-19 dari Pemerintah Kabupaten Belitung agar tidak terjadi tumpang tindih data.

Secara teknis Kepala Kominfo Kabupaten Belitung Mohammad Iqbal,ST, menjelaskan “Aplikasi ini kami sesuaikan dengan data dari OPD  terkait, sehingga perlu ketelitian data dari OPD, Camat, dan desa terkait calon penerima bantuan.  Bagi yang ingin mengecek  tinggal memasukkan data NIK dan KK serta  yang ingin mendaftar menjadi calon penerima bantuan dapat mengakses secara langsung, layak atau tidaknya menerima bantuan tersebut melalui aplikasi ini. Aplikasi ini dapat diakses melalui handphone, dan cara untuk akses ke aplikasi lebih lanjut akan disampaikan segera melalui facebook, youtube dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Belitung”.

Sementara  itu Bupati Belitung mengatakan  “SiBansos merupakan  aplikasi data bantuan sosial bagi masyarakat terdampak covid-19 dari Pemerintah Kabupaten Belitung.  Data ini akan disesuaikan  dengan data yang memang sudah tertera dengan NIK dan KK masyarakat Kabupaten Belitung. Diharapkan bantuan ini dapat mencegah tumpah tindih data bagi calon penerima bantuan, dan dapat secara  jelas melihat apakah calon penerima sudah mendapatkan bantuan-bantuan dari program-program pemerintah yang lain, seperti PKH, Bantuan Sosial  Tunai (BST)  dan lain sebagainya”.

Lebih lanjut Bupati mengatakan “Untuk  OPD terkait, Camat maupun Aparatur desa agar data yang diberikan sesuai dengan kriteria penerima bantuan, dan perlu mendata ulang dan tidak menggunakan data lama, karena penerima bantuan ini tentu besifat  dinamis, misalnya ditahun 2016 menerima bantuan dan ditahun selanjutnya kehidupannya lebih baik dan tidak layak menerima bantuan, tentu bantuan tersebut dapat dialihkan dengan masyarakat yang lain”.

Hadir pada acara  tersebut, Asisten Bidang Ekonomi dan Pembangunan, Setda Kab.Belitung, Ir. Hermanto, Asisten Bidang Adiministrasi dan Keuangan, Dra. Ita Wahyuni, serta undangan lainnya.