Bupati Belitung Lakukan Sidak Pasca Libur Idul Fitri 1443 H/ 2022 M

0
210

Tanjungpandan – Memasuki hari pertama masuk kerja pasca libur lebaran Hari Raya Idul Fitri, Bupati Belitung, H. Sahani Saleh, S.Sos melakukan kegiatan sidak sekaligus silaturahmi ke beberapa OPD di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Belitung, Senin, (09/05/2022).

Kegiatan sidak dilakukan dalam rangka penegakan disiplin ASN, sekaligus briefing dan memberikan pembinaan kepada ASN terkait pelaksanaan kinerja dan program-program pembangunan di Kabupaten Belitung.

Dalam kesempatan ini, Bupati berharap moment bulan syawal ini, agar para ASN dapat kembali kepada fitrahnya menjadi pribadi yang bertakwa dan berguna, serta memiliki pemikiran yang lebih baik ke depan. “Kita harus semangat untuk lebih berbuat banyak untuk pembangunan daerah. Karena apa yang kita laksanakan semata-mata untuk kesejahteraan masyarakat. Kita juga harus lebih semangat dalam mengawal pelaksanaan reformasi birokrasi, jangan hanya untuk mencapai output saja tetapi lebih pada outcome. Koordinasi dan konsultasi antar masing-masing OPD harus lebih ditingkatkan lagi kedepan”, kata Sahani.

Lebih jauh, dikatakan Bupati pelaksanaan Sidak juga dilakukan untuk melakukan evaluasi terkait pelaksanaan birokrasi pemerintahan dan pelaksanaan program pemerintahan daerah. “Saya terus berharap kita bisa terus menjaga kekompakan dalam mengawal pelaksanaan program pemerintah agar hasil yang dicapai bisa sesuai harapan bersama. Ke depan, masih banyak pekerjaan yang harus dilaksanakan, yang paling utama jangan sampai keluar dari dasar hukum dan aturan-aturan yang berlaku” jelasnya.

Selanjutnya, dijelaskan Sahani dalam sidak kali ini memang ada ASN yang tidak masuk
kerja, akan tetapi memiliki alasan yang dapat diterima. “Alhamdulillah sidak hari pertama kerja setelah libur hari raya Idul Fitri. Kehadiran pegawai cukup disiplin, walaupun memang sekarang ini ada yang masih pulang kampung. Tidak masuknya ASN ini karena mereka mengambil cuti tahunan untuk menambah cuti libur bersama Idul Fitri’’, tandasnya.

Sanem juga memastikan pada sidak kali ini, tidak menemukan ASN yang tidak bekerja tanpa keterangan. Dan jika itu terjadi maka Sanem berinisiatif untuk menjemput ASN tersebut di rumahnya. “Selama sidak tadi belum ada laporan ASN yang bolos. Mun ade nok bolos, diam de rumah, kamek ambelek tadik,” ujarnya.

Kegiatan sidak dipimpin langsung oleh Bupati Belitung, diawali dengan kunjungan ke Kantor Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM), Kantor Inspektorat Kabupaten Belitung, Kantor Camat Tanjungpandan, Kantor Perpustakaan dan Arsip Daerah, Kelurahan Paal Satu, Kelurahan Tanjung Pendam, Kelurahan Kampong Parit, Kelurahan Kampong Damai, serta Dinas Pengelolaan Pajak dan Retribusi Daerah. Untuk hasil sidak ke beberapa OPD ini, secara keseluruhan pegawai hadir pada hari pertama kerja pasca cuti lebaran.

Turut hadir mendampingi Bupati, Asisten Bidang Administrasi Setda Kabupaten Belitung, Dra. Ita Wahyuni, Kepala Dinas Kominfo Kabupaten Belitung, Mohammad Iqbal, ST, Kabag Protokol dan Komunikasi Pimpinan, Dr. Zakina, S.Sos, M.Si, jajaran BKPSDM Kabupaten Belitung, jajaran Satuan Polisi Pamong Praja dan undangan lainnya.***dk