Bupati Belitung Buka MUSCABLUB Gerakan Pramuka Kwartir Cabang Belitung Tahun 2019

0
292

Tanjungpandan- Bupati Belitung, H. Sahani Saleh, S.Sos. membuka Musyawarah Cabang Luar Biasa (MUSCABLUB) Gerakan Pramuka Belitung pada Senin, (15/7/2019) bertempat di Graha Karang Taruna Kabupaten Belitung.

Musyawarah Cabang Luar Biasa tersebut bertujuan untuk memenuhi petunjuk Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga Gerakan Pramuka, penyegaran kembali susunan pengurus Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Belitung untuk masa bakti tahun 2019 – 2024 serta sehubungan dengan pengunduran diri Ketua Kwarcab Masa Bakti 2015 s.d. 2020.

Ketua panitia Mucab Luar Biasa 2019, Mirang Uganda, SH dalam laporannya menyampaikan bahwa Musyawarah Cabang Gerakan Pramuka Kwarcab Belitung ini seharusnya dilaksanakan pada bulan Januari 2020, namun dengan pengunduran diri Ketua Kwarcab Belitung karena kesibukan beliau, dan terkait dengan program kegiatan yang belum berjalan sepenuhnya, maka dipandang perlu untuk mengangkat Ketua dan menyusun kepengurusan yang baru mengingat pula masa bakti kepengurusan lama sebentar lagi akan berakhir pada tanggal 7 Januari 2010.  

Terkait pengunduran diri dari Ketua Kwarcab Belitung masa bakti 2015 s.d 2020, Bupati Belitung dalam amanatnya selaku Pembina Upacara memberikan penghargaan atas kinerja yang telah dilaksanakan selama 3 tahun menjabat dan berharap semoga kinerja tersebut menjadi amal jariyah, diberkati serta mendapatkan imbalan pahala dari Allah SWT.

Dalam kesempatan tersebut, Bupati Belitung mengingatkan pentingnya kegiatan Muscablub pada hari ini, sebab dengan adanya kepengurusan baru yang terpilih diharapkan dapat membawa Gerakan Pramuka menjadi salah satu organisasi yang memberikan pendidikan karakter kaum muda di Kabupaten Belitung dan calon pemimpin masa depan bangsa Indonesia.

”Oleh sebab itu, untuk mencapai tujuan dari organisasi maka kelengkapan dalam suatu organisasi harus connect dan lengkap semua agar berjalan lancar karena dalam organisasi tidak bisa berjalan sendiri-sendiri”, tambah Bupati Belitung.

Sejalan dengan pentingnya tugas kepengurusan tersebut, Bupati Belitung menyambut baik atas dilaksanakannya kegiatan Muscablub oleh Kwarcab Gerakan Pramuka Belitung dan mengajak kepengurusan baru yang terpilih untuk segera melaksanakan rapat kerja dalam rangka mempercepat pembinaan terhadap generasi muda untuk membangun bangsa dan negara.

Bupati Belitung yang hadir bersama Wakil Bupati Belitung juga menyampaikan dukungannya dalam upaya peningkatan peran Gerakan Pramuka yakni dengan mengungkapkan rencana pembangunan gedung pemuda untuk memfasilitasi organisasi kepemudaan di Kabupaten Belitung seperti Gerakan Pramuka, Karang Taruna dan KNPI.

Kegiatan yang diikuti oleh Pengurus Kwartir Ranting dan Kwarcab Belitung dengan jumlah keseluruhan 42 (empat puluh dua) orang dihadiri oleh Unsur Forkopimda Kabupaten Belitung, serta undangan lainnya. (FW/FODICH)