Bupati Belitung Buka Kegiatan Forum Dialog Penguatan Ideologi Bangsa

0
193

Tanjungpandan—Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Kabupaten Belitung menggelar Kegiatan Forum Dialog Penguatan Ideologi Bangsa yang berlangsung pada Senin, (8/7) bertempat di Ruang Rapat Pemkab Belitung dengan mengusung tema ‘’Kita Perkokoh Semangat Cinta Pancasila Dalam Bingkai NKRI’’.

Kegiatan dibuka secara resmi oleh Bupati Belitung, H. Sahani Saleh, S.Sos dan turut dihadiri oleh Wakil Bupati Belitung, Isyak Meirobie, S.Sn, M. Si, Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Kbaupaten Belitung, Ahyat, AD, S.AP, nara sumber, perwakilan OPD di lingkungan Pemkab Belitung dan para peserta sebanyak lebih kurang 100 orang.

Ketua Panitia, Asnawi dalam laporannya mengatakan, adapun maksud dilaksanakannya kegiatan ini untuk menumbuhkembangkan pemahaman segenap elemen masyarakat terhadap Pancasila sebagai ideologi Negara, pandangan hidup dan falsafah bangsa Indonesia. ‘’Kegiatan ini diikuti para peserta dari berbagai unsur, diantaranya;  Caleg Terpilih periode 2019-2024, Aparatur Kecamatan/Desa/Kelurahan, , Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat, Tokoh Pemuda dan Guru PKN tingkat SMP/SMA’’, jelasnya.

Menurutnya, kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman dan penghayatan para peserta dan seluruh elemen masyarakat terhadap Pancasila, serta mengamalkan nilai-nilai yang terkandung dalam Pancasila dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara. ‘’Hal ini sekaligus untuk mewaspadai dan menangkal kelompok-kelompok yang ingin menggantikam Pancasila sebagai ideology Negara dengan paham lain, seperti; komunisme atau ideology berbasis agama’’, Ujar Asnawi.

Sementara Bupati Belitung dalam sambutannya menyambut baik dilaksanakannya kegiatan ini. Karena pancasila terkait sejarah perjuangan bangsa. ‘’Kita harus banyak memaknai pancasila inj secara lebih baik lagi. Apalagi kemajuan zaman saat ini, ideologi penting untuk terus kita gelorakan. Mengingat, pancasila juga berasal dari tataran kehidupan masyarakat kita, dan  yang paling penting kita harus membangun jiwa untuk membangun SDM kita ke depan. Apalagi dalam menghadapi era rovolusi 4.0, Hal ini perlu menjadi perhatian kita bersama. Kegiatan seperti ini perlu terus kita galakan untuk membangun mental dan jiwa SDM yang kuat berlandaskan Pancasila,’’, Ujar Sahani.

Lebih lanjut, menurut Sahani, intinya kita harus terus memaknai pancasila. Apalagi Belitung sudah dicanangkan daerah pariwisata dan daerah kita sebagai miniatur bangsa indonesia, karena berbagai suku bangsa, semua ada disini. ‘’Saat ini, masyarakat kita masih hidup dalam suasana yang kondusif, rukun dan damai, kalaupun ada perbedaan, semuanya bisa kita selesaikan dengan baik. Namun tidak menutup kemungkinan, suatu saat nanti akan  timbul persoalan-persoalan yang mengarah pada gerakan yang bisa memecah belah persatuan dan kesatuan bangsa, baik itu gerakan SARA, paham Radikal bisa saja masuk ke daerah kita’’, Pungkasnya.

‘’Hal ini penting menjadi perhatian kita bersama, mari terus kita perkuat kerjasama semua pihak terkait. Kita tingkatkan persatuan dan kesatuan Bangsa dengan terus membekali diri dengan kompetensi dan wawasan berkebangsaan sebagai bekal untuk menjadi warga negara yang cinta tanah air dan bangsa’’, ajak Sahani.

Kegiatan ini menghadirkan nara sumber dari Polres Belitung, Kodim 0414 Belitung dan Dirjen PUM Departemen Dalam Negeri.***dk