Buka Presentasi Lomba Desa/Kelurahan, Wabup Tekankan Peningkatan Partisipasi Masyarakat

0
50

 

Tanjungpandan___Wakil Bupati Belitung, Isyak Meirobie, S.Sn, M.Si menekankan pentingnya peningkatan partisipasi masyarakat dalam output atau hasil dari pelaksanaan lomba desa/kelurahan. ‘’Bukan penghargaannya saja yang penting, namun yang jauh lebih penting adalah bagaimana secara bertahap hasil dari penghargaan yang diraih, pada akhirnya bisa mengajak partisipasi masyarakat, baik secara fisik maupun psikologis. Ini penting menjadi perhatian kita bersama, karena perubahan dalam masyarakat adalah faktor penting yang diharapkan’’, ujar Isyak dalam sambutannya saat membuka secara resmi kegiatan Pemaparan Calon Juara Lomba Desa dan Kelurahan Tingkat Kabupaten Belitung Tahun 2021, Kamis, (8/40 bertempat di Ruang Rapat Pemkab Belitung.

 

Selanjutnya, dijelaskan Wabup, kita harus fokus melaksankan program-program inovatif yang telah dicanangkan Pemerintah Kabupaten Belitung. ‘’Saat ini, salah satunya fokus kita pada masalah bidang kesehatan, yang mana kita masih harus melaksanakan upaya pencegahan dan penanganan Covid-19. Salah satunya pelaksanaan vaksin yang harus menjadi perhatian kita bersama’’, tambahnya.

Lebih jauh, Wabup juga menekankan pentingnya penggalakan aspek digitalisasi di desa/kelurahan untuk meningkatkan pelayanan kepada masyarakat. ‘’Desa harus mulai digalakkan menggunakan teknologi. Apalagi teknologi dan juga digitalisasi masuk dalam salah satu unsur penilaian dalam pelaksanaan lomba desa ini. Unsur-unsur lain yang juga penting menjadi perhatian adalah pelestarian nilai-nilai kearifan lokal. Intinya desa/kelurahan harus lebih inovatif dan berkembang’’, pungkasnya.

Sementara itu, dalam laporannya Kepala Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana dan Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Belitung, Drs. H. Suksesyadi, M.Si mengatakan, hingga saat ini, telah dilakukan analisis dan validasi terhadap 5 desa se-Kecamatan Kabupaten Belitung. ‘’Sudah ada 3 (tiga) desa yang terpilih dan akan menyampaikan pemaparannya pada kesempatan ini, diantaranya; Desa Sungai Samak, Kecamatan Badau, Desa Aik Seruk, Kecamatan Sijuk, dan Desa Bantan, Kecamatan Membalong. Perwakilan tiga desa ini nantinya akan diwakili para Kepala Desa untuk juru bicaranya. Mudah-mudahan Desa/Kelurahan yang terpilih nantinya bisa terus lanjut hingga ke tingkat Provinsi bahkan ke tingkat Nasional’’, jelas Suksesyadi.

Turut hadir dalam acara, Tim Penilai Lomba Desa/Kelurahan, perwakilan OPD di Lingkungan pemerintah Kabupaten Belitung, perwakilan pemerintahan Desa/Kelurahan, serta undangan lainnya. ***fk