BPSDM Kemendagri RI Gelar Pameran Inovasi Aksi Perubahan Kinerja Organisasi, 2 (Dua) ASN Pemkab Belitung Raih Predikat Terbaik III Pada PKA

0
99

Jakarta, Prokopim Setda Kab. Belitung – Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) RI menggelar kegiatan Pameran Inovasi sebagai aksi perubahan kinerja organisasi dari para peserta Pelatihan Kepemimpinan Administrator (PKA) dari Kementerian/Lembaga dan Pemerintah Daerah. Kegiatan pameran dibuka secara resmi oleh Kepala Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia, Kementerian Dalam Negeri, Dr. Sugeng Hariyo pada Kamis, (16/06/2022) bertempat di Halaman Kantor BPSDM Kemendagri.

Dalam laporannya, Kepala Pusat Pengembangan Kompetensi Kepamongprajaan dan Manajemen Pemerintahan, Kemendagri, Dr. Erliani Budi Lestari, M.Si mengatakan, kegiatan pameran inovasi diikuti sebanyak 39 (Tiga Puluh Sembilan) peserta dari Lingkungan Kementerian/Lembaga dan pemerintah Daerah. “Tujuan dilaksanakannya kegiatan ini untuk mewujudkan terbentuknya Open Governance Patnership antar lintas instansi pemerintah agar dapat mengetahui dan melihat langsung berbagai produk inovasi yang telah dipelopori para peserta pelatihan”, jelasnya.

Sementara, Kepala BPSDM Kemendagri, Dr. Sugeng Hariyo mengatakan, Pelatihan Kepemimpinan Administrator (PKA) dilaksanakan dalam rangka memenuhi kebutuhan kompetensi manajerial. ‘’Kompetensi ini sangat penting diikuti seorang pemimpin pemerintahan pada jenjangnya. Adapun kompetensi yang harus dikuasai, yakni; kemampuan untuk merencanakan kegiatan instansi dan memimpin keberhasilan implementasi pelaksanaan kegiatan tersebut, sehingga kegiatan penyelenggaraan pemerintahan dapat berjalan lebih efektif dan inovatif”, ujarnya.

Kata Sugeng, melalui pameran ini diharapkan pula dengan banyaknya aplikasi yang dihasilkan dan memiliki nilai guna kepada masyarakat, hal tersebut akan semakin memperbaiki citra pemerintah dimata publik. “Inovasi ini diharapkan dapat memberikan salah satu solusi dalam berbagai permasalahan dalam penyelenggaraan pemerintahan”, pungkasnya.

Dalam kesempatan ini, Sekda Belitung, H. MZ. Hendra Caya, SE, M.Si yang berkesempatan untuk hadir dan meninjau langsung pelaksanaan kegiatan ini, mengapresiasi hasil inovasi yang dipamerkan para peserta, khususnya para peserta dari lingkup Pemerintah Kabupaten Belitung. Sekda menilai pameran ini menjadi hal yang baik dan menarik bagi para peserta, khususnya ASN Belitung. ‘’Ketika mereka (peserta) sudah menyusun dan dipamerkan inovasinya, maka ketika orang datang mengunjungi stand, mereka bisa berdiskusi dan mendapat masukan, mungkin ada kekurangan dari aplikasi yang dibuat kawan-kawan yang bisa ditambahkan. Untuk itu, kegiatan ini sangat bagus sekali dengan sistem diklat model seperti ini, karena orang banyak juga bisa melihat inovasinya. Karena nantinya mereka juga akan diuji, apa benar aplikasinya bisa diterapkan dengan baik”, kata Hendra Caya.

Lebih lanjut ditambahkan Sekda, harapan ke depannya dengan telah mengikuti kegiatan ini, para ASN ini bisa menerapkan sesuai dengan bidangnya dan kita berharap ke depan akan ada lagi ASN kita yang akan mengikuti kegiatan ini. “Sukses untuk para peserta, semoga apa yang diperoleh selama mengikuti pelatihan dapat diterapkan dan diaplikasikan dengan sebaik-baiknya”, pungkas Sekda.

Kegiatan pameran berlangsung sukses dan meriah. Masing-masing peserta berupaya untuk tampil maksimal mempromosikan aplikasi-aplikasi yang telah dibuat. Dalam pameran ini juga dipilih stand-stand terbaik sesuai dengan kualifikasi yang telah ditentukan juri maupun penguji.

Sementara itu, berdasarkan hasil kegiatan Pelatihan Kepemimpinan Administrator (PKA), sebanyak 2 (dua) ASN Pemkab Belitung berhasil meraih prestasi sebagai Juara Terbaik III (ketiga), diantaranya; Dr. Zakina, S. Sos, M. Si, yang sekarang menjabat sebagai Kepala Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan Setda Kabupaten Belitung, serta Riyadi, S. TP, M. Si menjabat sebagai Kepala Bidang Penganggaran di BPKAD Kabupaten Belitung.

Aksi Perubahan Kinerja Organisasi yang dipresentasikan oleh Dr. Zakina, S.Sos. M.Si, berjudul Layanan Keprotokolan dan Komunikasi Pimpinan melalui Aplikasi “WAUU Belitung”. Melalui aplikasi ini, Zakina berupaya untuk mentransformasi media informasi manual ke digitalisasi guna optimalisasi pelayanan prima dan Tupoksi pada Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan, utamanya dalam hal pengolahan dan penyajian data/informasi tentang Belitung untuk keperluan presentasi dan komunikasi pimpinan. Sedangkan Riyadi, S.TP.M.Si., mempresentasikan aksi perubahan kinerja organisasi berjudul Penataan Teknis Pengelolaan Keuangan Daerah di Kabupaten Belitung. Disampaikan oleh Riyadi bahwa tujuan dari aksi perubahan yang ia lakukan adalah untuk peningkatan kualitas pengelolaan keuangan daerah sesuai dengan regulasi dan ketentuan yang berlaku.

Kedua pejabat administrator dari Kabupaten Belitung ini dinyatakan sebagai peserta terbaik ketiga setelah melewati penilaian penguji pada Sidang Aksi Perubahan Kinerja Organisasi yang digelar pada Rabu, 15 Juni 2022 yang kemudian dipamerkan kembali output Aksi Perubahan Kinerja dimaksud pada Pameran Inovasi BPSDM Kemendagri, Kamis 16 Juni 2022. (Bagian Prokopim Setda Kab. Belitung/Fradika)