51 KK  di Desa Selat Nasik Terima BLT-DD Tahap Pertama

0
491

Selat Nasik__Sebanyak 51 Kepala Keluarga (KK) di Desa Selat Nasik terima Bantuan Langsung Tunai Dana Desa (BLT-DD) Tahap Pertama. Bantuan diserahkan langsung oleh Bupati Belitung, H. Sahani Saleh, S.Sos kepada perwakilan masyarakat Desa Selat Nasik, pada Jum’at, (8/5/2020) di Kantor Desa Selat Nasik, Kecamatan Selat Nasik, Kabupaten Belitung.

Pj Kades Selat Nasik, M, Ariyansyah S.STP dalam laporannya, mengatakan, BLT-DD ini diberikan dalam rangka penanggulangan pademi Covid-19 dengan mengacu pada beberapa peraturan perundang-udangan yang berlaku. “Untuk data penerima BLT ini telah dilaksanakan sesuai dengan kebijaksanaan Pemerintah dan aturan yang berlaku, serta melalui berbagai proses verifikasi dan evaluasi. Pada usulan awal dari masing-masing RT didapat data berjumlah 292 kepala keluarga (KK). Lalu, sebelum dilakukan musyawarah desa khusus (musdessus), data tersebut berkurang menjadi 186 KK dan dilakukan verifikasi lapangan kembali berkurang menjadi 86 KK. Setelah melakukan musyawarah desa khusus (musdesus) validasi finalisasi dan penetapan penerima pada tanggal 1 Mei lalu, didapatlah calon penerima BLT-DD yang mana sebanyak 51 KK penerima bantuan yang berhak menerima bantuan ini”, jelasnya.

Sementara Bupati Belitung dalam arahannya mengatakan, penyaluran BLT-DD ini setiap tahapannya dilakukan secara terpadu. Pemerintah daerah telah menginvetarisir data penerima bantuan sesuai dengan aturan dari Pemerintah Pusat. “Jadi data penerimanya betul-betul sesuai dengan kriteria yang telah ditentukan dan diseleksi oleh panitia mulai dari dusun, desa hingga kecamatan dilakukan sesuai prosedur. Para penerima manfaat BLT-Dana Desa merupakan warga di luar penerima bantuan Program Keluarga Harapan (PKH), Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) dan kartu pra kerja dari pemerintah”, kata Sahani.

Bupati juga menghimbau kepada penerima manfaat agar dapat memanfaatkan bantuan sejumlah Rp 600 ribu per/KK itu dengan sebaik-baiknya untuk memenuhi kebutuhan hidup di tengah pandemi Covid-19. “Bantuan ini akan diberikan selama 3 Bulan, terhitung mulai bulan Mei, Juni dan Juli. Dan satu hal yang perlu dipahami pula, bahwasanya penerima BLT ini memang belum menerima bantuan lainnya. Jadi bagi yang tidak menerima mungkin sudah masuk daftar PKH, BPNT atau kartu pra kerja”, lanjutnya.

Selanjutnya, kata Sahani untuk bantuan dari Pemerintah Kabupaten Belitung sebentar lagi akan disalurkan. Bantuan tersebut berupa sembako senilai uang Rp. 250.000 perpaketnya yang akan dibagikan kepada masyarakat terdampak Covid-19.

Lebih jauh, dalam kesempatan ini, Bupati juga berharap agar masyarakat bisa menjaga Belitung, khususnya di Desa Selat Nasik. “Jangan sampai kecolongan ada orang luar yang masuk dan tidak terdeteksi, karena efeknya akan berimbas pada masyarakat juga. Kita harus tetap waspada, jangan sampai terjadi penyebaran virus corona atau Covid-19 ini secara lebih jauh. Tetap patuhi protokol kesehatan dari Pemerintah. Kita sama-sama menjaga”, tutur Sahani.

Turut hadir mendampingi Bupati, perwakilan Unsur Forkominda Kabupaten Belitung, Sekda Belitung, H.MZ, Hendra Caya, S.E, M.Si, perwakilan OPD di lingkungan Pemerintah Kabupaten Belitung, Camat Selat Nasik, Azhari, jajaran aparatur Desa Selat Nasik, Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat di lingkup Desa Selat Nasik, dan undangan lainnya.