Pj. Bupati Ajak Masyarakat Desa Sukseskan Pilkada Serentak Belitung

0
49

Tanjungpandan, setda.belitung.go.id – Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Serentak Tahun 2024 akan segera dilaksanakan pada 27 November mendatang, untuk itu Pj. Bupati Belitung, Mikron Antariksa beserta jajaran mengajak masyarakat desa se-Kabupaten Belitung untuk berpartisipasi mensukseskannya saat hadir dalam Sosialisasi Persiapan Pilkada dan Netralitas dalam Pemilu kepada Desa, pada hari Rabu, (9/10) 2024, bertempat di Ruang Rapat Kecamatan Badau, Kabupaten Belitung. 

“Tentunya partisipasi masyarakat merupakan hal yang penting untuk itu melalui kegiatan ini diharapkan setiap tahapan dalam Pilkada dapat diketahui oleh masyarakat di Desa Badau dan juga di Kabupaten Belitung”, ujar Mikron.

Dijelaskan Mikron, Pilkada merupakan momentum penting bagi seluruh pihak, untuk menentukan arah dan kemajuan pembangunan Belitung ke depan. “Untuk itu, sosialisasi ini harus dilaksanakan agar masyarakat mulai dari lingkup Desa lebih siap menghadapi Pilkada, baik dalam segi peraturan, tata cara pemilihan, hingga kesadaran pentingnya memilih dengan bijak”, ujar Mikron.

Dalam kegiatan yang telah dilaksanakan di Kecamatan Sijuk, pada hari Selasa, (8/10)2024 dengan melibatkan berbagai Stakeholders terkait tersebut, Pj. Bupati Belitung juga mengingatkan agar seluruh Aparatur Sipil Negara dilingkup Desa hingga Kecamatan untuk terus menjaga netralitas dalam penyelenggaraan Pilkada Serentak agar suasana kondusif dapat dijaga bersama.

Berdasarkan Keputusan Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Belitung Nomor 309 Tahun 2024 Tentang Penetapan Rekapitulasi Daftar Pemilih Tetap Kabupaten Belitung Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, dalam penyelenggaraan Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati, serta Walikota dan Wakil Walikota Tahun 2024, adapun rekapitulasi Daftar Pemilih Tetap untuk Kecamatan Badau sebanyak 11.790 pemilih terdiri dari 6.130 Laki-laki dan 5.660 Perempuan, dari 7 (Tujuh) Kelurahan/Desa dan 31 (Tiga Puluh Satu) TPS. Sedangkan Daftar Pemilih Tetap untuk Kecamatan Sijuk sebanyak 24.060 pemilih yang terdiri dari 12.330 Laki-laki dan 11.730 Perempuan, dari 10 (Sepuluh) Kelurahan/Desa dan 51 (Lima Puluh Satu) TPS. (Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan Setda Kabupaten Belitung/Ferdini/Aully/Dafry)