Ikut Serta pada APKASI OTONOMI EXPO 2024, Kabupaten Belitung Raih Dua Penghargaan

0
193

Jakarta, setda.belitung.go.id – Pemerintah Kabupaten Belitung melalui Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan Setda Kabupaten Belitung meraih dua penghargaan bergengsi pada event APKASI Otonomi Expo 2024 yang berlangsung pada tanggal 10-12 Juli, bertempat di Jakarta Convention Center (JCC) Senayan. Penghargaan tersebut berupa; Juara Kategori Atraktif, serta Juara Kategori Desain dan Dekorasi.

Apkasi Otonomi Expo merupakan agenda tahunan yang diselenggarakan Apkasi sebagai salah satu implementasi dari tugas pokok dan fungsi organisasi dalam memfasilitasi kepentingan 416 Pemerintah Kabupaten. Expo ini mempromosikan berbagai komoditas, peluang investasi untuk bisa masuk ke pasar nasional hingga global. Pelaksanaan AOE 2024 menjadi wadah yang efektif bagi Pemerintah Daerah untuk menampilkan potensi daerahnya masing-masing. Kegiatan ini juga membuka peluang investasi dan kerja sama yang lebih luas. Tidak hanya memperkenalkan produk dan layanan unggulan dari berbagai daerah di Indonesia, kegiatan ini juga menjadi ajang pertukaran ide dan inovasi yang akan membawa manfaat besar bagi pembangunan daerah.

Kegiatan ini menjadi momen penting bagi berbagai kabupaten di Indonesia, tak terkecuali Kabupaten Belitung yang juga ikut serta berpartisipasi memeriahkan Apkasi Otonomi Expo ini. Pj. Bupati Belitung, Yuspian, S. Sos, M.I.R disela-sela peninjauan stand mengatakan, kegiatan ini bisa menjadi media promosi untuk para pelaku Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) dari Kabupaten Belitung. “Di samping menjadi ajang untuk mempromosikan potensi Kabupaten Belitung, tentunya pada saat yang sama juga ada nilai ekonomis bagi para pengrajin, para pelaku UMKM,” ujarnya.

Menurut Yuspian, Keikutsertaan Pemerintah Kabupaten Belitung dalam Apkasi Otonomi Expo menampilkan berbagai produk unggulan daerah, salah satunya potensi perikanan dan kelautan, disamping juga sektor pariwisata, pertanian dan perkebunan, serta perhubungan. ‘’Alasan pemilihan tema kelautan perikanan di booth Pemkab Belitung karena Belitung memiliki potensi sumber daya kelautan yang luar biasa. Selain itu, produk-produk olahan yang diproduksi UMKM di Belitung sudah memiliki variasi yang sangat banyak. Karena kita daerah kepualauan tentu sektor kelautan dan perikanan ini menjadi salah satu unggulan kita selain pariwisata dan pertambangan,” ungkap Yuspian.

Yuspian juga berharap kegiatan ini akan meningkatkan atensi masyarakat luas untuk datang berkunjung ke Belitung. Selain itu dirinya juga berharap adanya investasi yang masuk ke Belitung usai pelaksanaan kegiatan ini. “Kami berharap bahwa melalui penyelenggaraan yang baik seperti tahun-tahun sebelumnya, Pemerintah Kabupaten Belitung dapat memperluas pengetahuan masyarakat tentang potensi daerah, serta menarik investasi yang dapat mendukung pengembangan Pulau Belitung di berbagai sektor,” ujarnya.

Sementara, Sekretaris Daerah Kabupaten Belitung, H. MZ. Hendra Caya, SE, M. Si menilai partisipasi dalam Apkasi Otonomi Expo 2024 merupakan langkah strategis untuk mempromosikan potensi unggulan daerah. “Pemerintah Kabupaten Belitung dalam expo Apkasi ini maksud dan tujuannya ingin mempromosikan, baik itu potensi pariwisata dan juga potensi investasi yang ada di kabupaten belitung yang bisa kami promosikan,” ujar Hendra.

Lebih lanjut disampaikan, Sektor pariwisata menjadi salah satu fokus utama Pemkab Belitung dalam mempromosikan daerahnya. Pulau Belitung dikenal dengan keindahan alamnya yang memukau, mulai dari pantai berpasir putih, batu granit yang unik, hingga keindahan bawah laut yang menakjubkan. ‘’Tidak hanya itu, Sektor perikanan dan kelautan juga menjadi unggulan Belitung. Dengan wilayah perairan yang luas dan sumber daya laut yang melimpah, Belitung memiliki potensi besar dalam sektor ini. Pemkab Belitung berupaya mempromosikan produk-produk perikanan unggulan’’, jelasnya.

Kata Hendra, dalam ajang kali ini diharapkan bisa membuka peluang baru dan membawa manfaat besar bagi pertumbuhan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat Belitung. “Kami berharap dengan mengikuti Apkasi ini akan ada para investor yang berminat untuk menanamkan modalnya di kabupaten belitung khususnya dari segi pariwisata dan perikanan kelautan serta pelabuhan’’, ujarnya.

Menurut Kepala Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan Setda, Dr. Zakina, S. Sos, M. Si selaku Pimpro, kemenangan yang telah diraih pada pelaksanaan Event AOE 2024 menjadi semangat untuk membangun Belitung di kanca internasional. “Hal ini menjadi spirit bagi kami untuk terus berkarya dan memperkenalkan Belitung lebih jauh”, pungkasnya.

Dalam Apkasi Otonomi Expo 2024, Pemkab Belitung menampilkan berbagai informasi dan visual menarik tentang destinasi wisata dan potensi unggulan daerah. Tidak hanya menampilkan potensi pariwisata, perikanan dan kelautan, booth milik Pemkab Belitung juga diisi dengan sejumlah kuis dan video 360. Hal ini berhasil memicu atensi dan minat pengunjung untuk mengenal Belitung lebih dalam. Disamping itu berbagai sungguhan tester produk kuliner unggulan daerah juga turut diperkenalkan kepada pengunjung. Pada event ini, Kabupaten Belitung dan Kabupaten Gowa terpilih untuk berpartisipasi pada pelaksanaan pameran di Slovakia, dan selanjutnya Belitung juga diminta untuk pameran di Turki. (Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan Setda Kabupaten Belitung/Fradika)