RAKOR SENSUS PERTANIAN

0
344

Tanjungpandan—Sektor  pertanian merupakan salah satu sektor yang penting peranannya pada perekonomian Indonesia. Tidak terkecuali di Kabupaten Belitung, pertanian juga memberi pengaruh besar dalam perekonomian daerah. Bahkan pada 2021, sektor pertanian, kehutanan, dan perikanan menduduki peringkat pertama sebagai kontributor terbesar perekonomian Kabupaten Belitung. Pada tahun 2021, kategori Pertanian, Kehutanan, dan Perikanan memberi kontribusi terhadap PDRB atas dasar harga berlaku Kabupaten Belitung  sebesar 28,17 persen. Angka ini meningkat dari tahun sebelumnya yang sebesar 27,79 persen, ujar Bupati Belitung yang sambutannya dibacakan oleh Asisten Perekonomian dan Pembangunan Setda Kabupaten Belitung Adnizar,SH pada Rapat Koordinasi Sensus Pertanian 2023 di Ruang Pertemuan Pemkab Belitung (22/12) Kamis pagi.

Selain itu, Sensus Pertanian 2023 adalah kegiatan kegiatan rutin yang dilaksanakan oleh setiap negara. Sensus Pertanian 2023 dilakukan dengan dasar rekomendasi Food and Agriculture Organization (FAO) dan amanat UU No.16 Tahun 1997 tentang Statistik. Kegiatan ini penting karena mampu menyediakan data pertanian secara lengkap yang berguna untuk perencanaan dan tolak ukur kondisi pertanian. menurut Data yang dihasilkan dari kegiatan ini sangat dibutuhkan dalam transformasi sistem pertanian sebagai kunci dalam menjawab isu-isu pangan seperti: isu ketahanan pangan, kualitas dan keamanan pangan, serta keberlanjutan atau sustainability baik di tingkat Global maupun Nasional.  Selain itu, BPS juga akan menjawab tantangan pertanian skala kecil, yakni petani yang kepemilikan lahannya kurang dari setengah hektar.

Sementara itu, Ketua Penyelenggara Dwi Wijianto, S.Si dalam laporannya menyampaikan bahwa maksud Rapat Koordinasi adalah untuk mensosialisasikan tahapan kegiatan, proses bisnis dan tata kelola sensus pertanian tahun 2023 kepada pihak internal BPS maupun pihak eksternal dan rapat koordinasi ini bertujuan agar terjalin koordinasi dan kolaborasi antara internal BPS selaku pelaksana kegiatan Sensus Pertanian Tahun 2023 dengan Dinas/Instansi/Stakeholder terkait, demi suksesnya pelaksanaan Sensus Pertanian Tahun 2023 di Kabupaten Belitung.

Turut hadir dalam rakor tersebut Staf Ahli Bidang Perekonomian dan Pembangunan Setda Kabupaten Belitung, Kepala BPS Kabupaten Belitung, Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Kabupaten Belitung, perwakilan OPD, Camat Se-Kabupaten Belitung serta undangan lainnya. (Teddy—Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan Setda Kabupaten Belitung)